Dalam Menyusun Budget dan Cost Control di dalam perusahaan perlu di artikan terlebih dahulu mengenai pemahaman budgeting terlebih dahulu, Istilah lain yang digunakan yang berarti sama dengan anggaran seperti : Business Budget, profit planning and control, confrehensif budgeting, manajerial budgeting dan business Budget dan Cost Control. Menurut Gomes (1995, p.87-88), Budget dan Cost Control merupakan dokumen yang berusaha untuk mendamaikan prioritas-prioritas program dengan sumber-sumber pendapatan yang diproyeksikan. Budget dan Cost Control menggabungkan suatu pengumuman dari aktivitas organisasi atau tujuan untuk suatu jangka waktu yang ditentukan dengan informasi mengenai dana yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut atau untuk mencapai tujuan tersebut.
Dengan demikian Budget dan Cost Control dapat diartikan juga sebagai rencana terinci yang dinyatakan secara formal dengan ukuran kwantitatif yang biasanya dinyatakan dengan satuan uang untuk penggunaan sumber – sumber pada organisasi dalam jangka waktu tertentu.
Dalam menyusun anggaran harus diperhatikan hal berikut :
- Realistis
- Flexible
- Continues
Proses Akuntansi, berarti penyusunan Budget dan Cost Control merupakan studi terhadap mekanisme, prosedur merakit data dan membentuk anggaran.
Proses Manajemen berarti proses penyusunan anggaran merupakan penetapan peran tiap manajer dalam melaksanakan program atau bagian program.
Proses Penyusunan Anggaran :
Menentukan pedoman perencanaan
Menyiapkan anggaran penjualan
Menyiapkan komponen anggaran lainnya
Perundingan untuk menyesuaikan rencana akhir dalam setiap komponen anggaran
Mengkoordinasi dan memperhatikan komponen anggaran
Pengesahan anggaran
Pendistribusian anggaran yang sudah di setujui
Budgeting & accounting Connection :
- Akuntansi menyediakan data histories
- Komponen budgeting dinyatakan secara financial dalam format accounting
- Akuntansi menyediakan data actual sebagai bahan evaluasi
Tanpa adanya Budget dan Cost Control, perusahaan akan mengalami kesulitan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi dan profit margin dari perusahaan. Tidak dipungkiri bahwa perusahaan sering membuat Budget ala kadarnya yang disusun hanya berdasarkan hasil kompilasi angka –angka dari Bagian- Bagian / Departemen- Departemen didalam perusahaan, padahal peranan Budget dan Cost Control sebagai suatu alat / system manajemen berjalan sejak awal perusahaan melakukan Aktivitasnya.
Budget dan Cost Control meskipun merupakan dua kegiatan yang berbeda, namun keduanya berjalan ke arah tujuan yang sama sesuai sasaran yang ditetapkan dalam perusahaan. Antara Budget dan Cost Control kedua-2 nya saling menunjang, melengkapi dan saling ketergantungan antara yang satu dengan yang yang lain.
Tujuan pelatihan
- Dapat meyusun anggaran perusahaan lebih detail teknik – teknik operational auditing
- Dapat Mengetahui langkah – langkah dalam proses Budgeting dan Cost Control
0 komentar:
Posting Komentar